DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ISOLASI DAN KARAKTERISASI KAPANG PADA KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANJARBARU
PENGARANG:M. MAULID TITIS ADJI
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-10-15


ABSTRAK
ISOLASI DAN KARAKTERISASI KAPANG PADA KACANG HIJAU (Vigna Radiata L.) YANG DI JUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANJARBARU (Oleh : M. Maulid Titis Adji; Pembimbing: Witiyasti Imaningsih; 2018; 27)
Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Kacang hijau dapat terkontaminasi kapang pada masa pertumbuhan, pasca panen, dan masa penyimpanan. Kapang (Mold) merupakan fungi yang berfilamen dan multiseluler, bagian tubuh kapang berupa thallus yang dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu miselium dan spora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies-spesies kapang pada kacang hijau, mengetahui jenis kapang kontaminan pada kacang hijau, dan mengetahui jumlah kapang pada kacang hijau. Teknik pengambilan sampel secara acak di pasar tradisional Banjarbaru dengan penjual yang berbeda, diambil 3 sampel dari 3 penjual. Hasil penelitian ditemukan 3 jenis kapang yaitu Penicillium sp., Mucor sp., dan Mycelia Sterilia. Hasil pertumbuhan kapang pada media Potato Dextrose Agar (PDA) yaitu pada sampel 1.1 dan 1.2 jumlah koloni sebanyak 0,007 x 102, pada sampel 2.1 dan 2.2 jumlah koloni sebanyak 0,007 x 102, pada sampel 3.1 dan 3.2 jumlah koloni sebanyak 0,006 x 102 dan 0,007 x 102. Menurut SNI 7388:2009 hasil tersebut memenuhi persyaratan, karena batas maksimum kapang pada biji-bijian dan kacang-kacangan yaitu 1 x 104.
Kata Kunci : Kacang hijau, Kapang, PDA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI