DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KETERAMPILAN SHOOTING TIM BOLA BASKET KALIMANTAN SELATAN PADA KEJUARAAN PON XX PAPUA TAHUN 2021
PENGARANG:Aryo Yudho Panuntun
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-13


                                                                                   ABSTRAK
ARYO YUDHO PANUNTUN. NIM 1810122210023. 2023 “Analisis Keterampilan Shooting Tim Bola Basket Kalimantan Selatan Pada Kejuaraan PON XX Papua Tahun 2021”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or., M.Pd., (I). Dr. Rahmadi., S.Pd., M.Pd (II).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan shooting dan menjadi bahan evaluasi bagi pengurus organisasi, pelatih, dan atlet agar dapat meningkatkan keterampilan shooting sehingga dapat berkembang dan menciptakan bibit-bibit unggul dari atlet bola basket Kalimantan Selatan.

Metode penelitain ini adalah kuantitatif deskriptif  menggunakan analisis SWOT yaitu singkatan dari strength (kekuatan), weaknesesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan threats (ancaman) dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet tim bola basket Kalimantan Selatan pada kejuaraan PON XX Papua tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet tim bola basket Kalimantan Selatan dengan teknik sensus atau total sampling.

Keterampilan teknik shooting yang paling banyak digunakan oleh tim Kalimantan Selatan adalah shooting free throw dengan persentase sebesar 48% disusul dengan shooting two point sebesar 29%, dan shooting three point sebesar 23% . Teknik shooting free throw tidak dapat memberikan peluang besar untuk kemenangan tim Kalimantan Selatan karena shooting tersebut bernilai satu poin dalam satu kali melakukan shoot dan untuk mendapatkan shooting free throw para pemain harus bisa mendapatkan foul dimana hal tersebut sulit untuk dilakukan apabila pertahanan musuh lebih baik.

Kata Kunci : Shooting, Tim Bola Basket Kalimantan Selatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI