DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
PENGARANG:Rismalia Meitiyanah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-13


Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran

talking chips perlu dilakukan karena sumber belajar yang khusus mempelajari

materi hidrolisis garam berbasis model pembelajaran talking chips ini belum

banyak tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan

(validitas, praktikalitas dan efektivitas) LKPD berbasis model pembelajaran

talking chips untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik.

Penelitian ini menggunakan desain model penelitian pengembangan ADDIE

(Analysis, Design, Development, Implementation, Evolution) dengan subjek uji

keterbacaan kelompok kecil 7 orang peserta didik, dan uji coba terbatas 22 orang

peserta didik Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Hasil penelitian

menunjukkan bahwa kategori tingkat kelayakan dengan formula Aiken’s

dinyatakan valid ditinjau dari kelayakan isi senilai 0,97, kelayakan penyajian 0,98,

kelayakan bahasa 0,95, dan kelayakan media grafik 0,98. Kepraktisan media

pembelajaran ditinjau dari skor angket uji keterbacaan pada uji kelompok kecil

sebesar 89,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik

dan guru sebesar 86% dan 95% dengan kategori sangat praktis dan hasil observasi

pembelajaran menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran talking chips

sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. LKPD berbasis model pembelajaran

talking chips pada materi hidrolisis garam efektif digunakan untuk meningkatkan

kecerdasan interpersonal peserta didik. Berdasarkan hasil N-Gain kecerdasan

interpersonal peserta didik mengalami peningkatan sebesar 0,62 yang berada pada

kategori sedang. Dengan demikian, LKPD berbasis model pembelajaran talking

chips pada materi hidrolisis garam layak digunakan untuk meningkatkan

kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran kimia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI