DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KINERJA STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN S. ASTAMBUL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:BUSTANUL ARIFIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-13


Jembatan S. Astambul merupakan jembatan tipe RBA klas B bentang 35 m yang terletak pada ruas jalan A. Yani Provinsi Kalimantan Selatan. Pada beberapa elemen bangunan atas jembatan terdapat beberapa elemen struktur yang mengalami deformasi yang cukup besar yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kerusakan elemen dan struktur jembatan S. Astambul agar dapat memperoleh gambaran kondisi, estimasi sisa umur jembatan, dan rating factor terhadap beban rencana.

Penelitian dilakukan melalui pemeriksaan/pengujian lapangan dan pemodelan bangunan atas jembatan, yang meliputi: pemeriksaan visual kondisi jembatan, hammer test, pengukuran dimensi profil dan pemeriksaan lendutan jembatan. Nilai Kondisi jembatan didapatkan dengan mengacu pada Bridge Management System ’92; Bridge Management System Pembaruan; dan New Yorks State Departement of Transportation. Pemodelan struktur bangunan atas dengan MIDAS Civil dilakukan untuk mendapatkan gaya-gaya yang bekerja pada rangka jembatan. Berdasarkan Nilai Kondisi dan analisis struktur dari MIDAS Civil selanjutnya dapat diestimasikan sisa umur jembatan serta nilai kapasitas dan Rating Factor jembatan untuk menyusun konsep rehabilitasi dan penanganannya.

Hasil penelitian menunjukkan Nilai Kondisi dari Bridge Management System ’92 adalah 3, (kerusakan sedang yang memerlukan rehabilitasi); berdasarkan Bridge Management System Pembaruan adalah 1,313, (kerusakan yang memerlukan pemantauan/perbaikan preventive); dan berdasarkan New Yorks State Departement of Transportation sebesar 4,38 (kategori kerusakan sedang dan penanganan yang diusulkan adalah rehabilitasi). Ekivalen age jembatan: 31,64 tahun dan estimasi sisa umur jembatan 18,36 tahun (lebih tua 5,64 tahun dari yang seharusnya). Hasil perhitungan rating factor0,984 < 1, sehingga jembatan memerlukan evaluasi tingkatan lebih tinggi atau perlu segera dilakukan rehabilitasi pada elemen-elemen yang rusak.

 

Kata kunci: Rangka Baja Australia, Nilai Kondisi, Bridge Management System, New York State Departement of Transportation, Rating Factor, MIDAS Civil

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI