DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:Nadiya Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-13


EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN KOTA BANJARBARU

 

EVALUATION OF SPECIAL SELF DEVELOPMENT PROGRAM IMPLEMENTATION FOR THE CHILD WITH SPECIAL NEEDS AT SLB NEGERI CITY BANJARBARU

Nadiya Rahmah1,  Hayatun Thaibah2,  Murniyanti Ismail3

1SLB Negeri Kota Banjarbaru,Jalan Abadi III, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

2Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jl. Gotong Royong RT.02 RW.06 No.87, Banjarbaru, Indonesia.

3Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jl. Gotong Royong RT.02 RW.06 No.87, Banjarbaru, Indonesia.

Nadiyarahmah24@gmail.com

 

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih kurang tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan program khusus bina diri sehingga pada pelaksanaan program khusus bina diri terjadi penggabungan anak yang berbeda tingkatan kelasnya dan berbeda juga ketunaannnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi implementasi program khusus bina diri bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Kota Banjarbaru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini menggunakanpendekatan Kualiatatif. Sumber penelitian ini adalah guru kelas di SLB Negeri Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan 1) Evaluasi pada tahap perencanaan program khusus bina diri di SLB Negeri Kota Banjarbaru ditemukan pada perencanaan setiap guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran untuk program khusus bina diri, melakukan identifikasi dan asesmen sesuai kebutuhan anak, 2) Evaluasi pada tahap pelaksanaan program khusus bina diri di SLB Negeri Kota Banjarbaru ditemukan pada saat pelaksanaan tidak sesuai dengan alokasi waktu di rencana pelaksanaan pembelajaran lalu ditemukan juga kurangnya media yang dipergunakan saat pelaksanaan program khusus bina diri, tidak fokusnya anak dalam menjalani program khusus bina diri karena kelas yang terbatas sehingga digabungkan pada satu ruangan, tidak meratanya guru dalam ikut serta Pendidikan program khusus bina diri, 3) Evaluasi program khusus bina diri di SLB Negeri Kota Banjarbaru guru membuat format penilaian setiap anak hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua sebagai hasil perkembangan anak dalam mengikuti program khusus bina diri.

 

Kata kunci : Evaluasi, Implementasi Program Khusus (Progsus), Bina Diri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI