DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP
PENGARANG:Januardi Noor
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-13


Sebagian besar peserta didik masih kurang berminat dalam belajar matematika dikarenakan siswa tidak suka dengan matematika. Salah satu materi pada mata pelajaran matematika yang masih banyak siswa mengalami kesulitan adalah aritmatika sosial. Penyebab kesulitan siswa pada materi aritmatika sosial adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap matematika dan kurangnya ketelitian siswa dalam membaca dan memahami soal. Alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menyediakan alat peraga monopoli. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan alat peraga monopoli sebagai media pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP dan (2) Untuk menghasilkan alat peraga monopoli sebagai media pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP yang valid. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah tiga belas orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) berdasarkan model Plomp. Tahap yang dilakukan yaitu tahap preliminary investigation, tahap design, tahap realization, dan tahap test, evaluation, and revision. Tahap preliminary investigation dilakukan analisis materi. Tahap design dilakukan penyusunan instrument, pemilihan format, dan rancangan awal alat peraga. Tahap realization dilakukan konsultasi draft I kepada dosen pembimbing. Tahap test, evaluation, and revision dilakukan validasi ahli, simulasi alat peraga kepada guru, dan uji coba kepada peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar validasi. Teknis analisis data yang dilakukan adalah melalui lembar validasi. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli. Berdasarkan skor yang diberikan oleh tiga ahli diperoleh bahwa alat peraga monopoli yang dikembangkan valid dengan kategori cukup dengan persentase sebesar 79.89%.

Kata Kunci: Alat Peraga, Monopoli, Media Pembelajaran, Aritmatika Sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI