DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SD (STUDI MULTI SITUS PADA SD NEGERI SUNGAI LULUT 1 dan SD NEGERI KELILING BENTENG ILIR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Raihanah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-14


ABSTRAK

Raihanah. 2022. Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru SD Pada SD Negeri Sungai Lulut 1 dan SD Negeri Keliling Benteng Ilir Kabupaten Banjar. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph. D (II) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M. Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Manajemen Pengembangan, Kompetensi Guru, SD

 

Kualitas guru sangat terkait dengan kualitas kompetensinya. Kompetensi guru harus selalu ditingkatkan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat dan dunia kerja terutama dalam beradaptasi dengan era 4.0 dan 5.0. Upaya peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan melalui kegiatan FGD, IHT, KKG dan Diklat. Program pengembangan kompetensi guru harus dirancang dan dilaksanakan sebaik mungkin agar hasilnya dapat dicapai secara optimal. 

Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pengembangan kompetensi guru pada SD Negeri Sungai Lulut 1 dan SD Negeri Keliling Benteng Ilir Kabupaten Banjar.   

Jenis penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dengan studi multi situs (Johnson & Cristensen, 2008) pada SDN Sungai Lulut 1 dan SDN Keliling Benteng Ilir Kabupaten Banjar. Sumber data terdiri dari; Kepala Sekolah, guru dan pengawas dan peneliti sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yakni; observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang digali berupa data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan jaringan kausal analisis lintas situs  Miles & Huberman. Uji keabsahan data melalui; kredibility, transferability, dependability, comfirmability (Putra & Dewi Lestari, 2012).

Temuan penelitian kedua situs memperlihatkan adanya perencanaan yang terdiri dari; analisis kebutuhan kompetensi, merancang kegiatan pengembangan (supervisi, FGD, IHT, KKG, Diklat), waktu, materi, metode, tempat kegiatan. pengorganisasian berupa; pendelegasian tugas/kepanitiaan dan struktur, pelaksanaan yakni; implementasi kegiatan pengembangan, efektivitas dan efesiensi dan pengawasan terdiri dari; monitoring evaluasi dan tindak lanjut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI