DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FKIP Mengajar ULM Dalam Rekrutmen Anggota Baru
PENGARANG:RIDHO PRIMADHANI SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-14


ABSTRAK

Ridho Primadhani Setiawan, 2022. Peran Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

FKIP Mengajar ULM Dalam Rekrutmen Anggota Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas LambungMangkurat. Pembimbing (I) Yuli Apriati, Pembimbing (II) Laila Azkia.

                                                                                

Kata Kunci: Mahasiswa, Peran, dan Rekrutmen.

 

Di Universitas Lambung Mangkurat terdapat berbagai macam organisasi  kemahasiswaan, di FKIP sendiri terdapat kurang lebih 5 Organisasi Kemahasiswaan yang dibawah naungan fakultas secara langsung, Salah satunya UKM FKIP Mengajar, organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pengabdian. Berawal dari inisiasi dari program kerja BEM FKIP selanjutnya diusulkan menjadi sebuah organisasi kemahasiswaan. Hal ini tidak lepas pada peminat dari organisasi ini semakin tahun semakin bertambah padahal disatu sisi organisasi ini baru berdiri secara resmi di awal tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran pengurus dari UKM FKIP Mengajar dalam rekrutmen anggota baru (2) peran pengurus dalam melaksanakan program kerja sehingga menarik minat anggota baru.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas atau pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara memperpanjang waktu pengamatan, meningkatkan ketekunan peneliti, Melakukan Trianggulasi data yang terdiri  dari trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu serta menggunakan bahan referensi untuk memperkuat temuan dilapangan agar lebih kredibel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran pengurus dari UKM FKIP Mengajar dalam rekrutmen anggota baru yaitu terbagi menjadi 4 tahap yakni Tahap pertama, memperjelas posisi yang diisi dalam proses rekrutmen, Tahap kedua, menentukan spesifikasi yang dibutuhkan, Tahap ketiga, mengidentifikasi pelamar yang memenuhi syarat, dan Tahap keempat, Sharing di Media Sosial (2) peran pengurus dalam melaksanakan program kerja sehingga menarik minat anggota baru antara lain terbagi menjadi dua yakni peran pengurus dalam melaksanakan program kerja internal dan peran pengurus dalam melaksanakan program kerja eksternal.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi seluruh pengurus organisasi kemahasiswaan dapat belajar dan mengadaptasi bagaimana pengenalan organisasi yang efektif dan cara melakukan rekrutmen anggota baru sehingga menarik minat mahasiswa untuk dapat bergabung kedalam organisasi seperti yang dilakukan oleh UKM FKIP Mengajar sehingga semua organisasi mahasiswa di kampus diharapkan mampu memiliki jumlah anggota dan produktif pada bidangnya masing-masing. Selain itu pula bagi mahasiswa di zaman sekarang dituntut untuk meningkatkan keterampilan dalam organisasi kemahasiswaan sehingga dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan dan cara manajemen waktu yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI