DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Usaha Pedagang Pentol Di Jalan HKSN Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
PENGARANG:SUKMA ADI PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-14


ABSTRAK

Sukma Adi Putra, 2022. Strategi Usaha Pedagang Pentol Di Jalan HKSN Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, (II) Reski P.

Kata Kunci: Strategi Usaha, Pedagang Pentol.

Di kawasan jalan HKSN, terdapat pedagang pentol yang menjajakan dagangannya setiap hari di kawasan tersebut. Pentol merupakan jajanan yang sudah ada  sejak lama. Namun hingga saat ini jajanan tersebut masih bisa bertahan  dan sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi pengembangan produk dalam usaha pengolahan pentol di kawasan jalan HKSN Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, (2) strategi pemasaran dalam usaha pengolahan pentol di kawasan jalan HKSN Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik dalam penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Strategi pengembangan produk dalam usaha pengolahan pentol yaitu: a) peningkatan kualitas yaitu dari segi pelayanan terhadap konsumen b) peningkatan keistimewaan yaitu dari segi penggunaan bahan baku yang berkualitas baik dan adanya variasi olahan makanan lain c) peningkatan gaya produk yaitu dari segi penampilan hasil produksi dan media yang digunakan. (2) Strategi pemasaran dalam usaha pengolahan pentol yaitu a) tempat untuk memasarkan produk b) display produk c) waktu untuk memasarkan produk

Berdasarkan penelitian ini, disarankan bagi para pedagang pentol mampu memiliki strategi-strategi usaha yang inovatif untuk memproduksi dan memasarkan hasil produksinya agar mampu berjalan secara terus menerus dan tidak mengalami penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI