DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS KELAS IV SD DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE
PENGARANG:SYIFA SAPUTRI BERLIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-15


Bidang pendidikan sekarang sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Teknologi yang berkembang pada era modern sebagai salah satu faktor penunjang dalam kegiatan pembelajaran sehingga mencapai hasil maksimal dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis web untuk mata pelajaran Matematika materi Hubungan Antar Garis; (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari validitas, kepraktisan dan efektivitas. Untuk model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Kevalidan media didapat dari lembar validasi materi dan lembar validasi media. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 23 orang peserta didik kelas IV A SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin. Hasil penelitian, telah dikembangkannya media pembelajaran interaktif berbasis web untuk mata pelajaran Matematika materi Hubungan Antar Garis dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, JSON, Mathjax, Netlify, Microsoft Power PointPoint dan Firebase. Dari hasil validitas materi dan media diperoleh persentase capaian dengan kategori sangat tinggi. Media pembelajaran dikatakan efektif dalam kategori tinggi ditinjau dari hasil belajar siswa dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,7. Sedangkan tingkat kepraktisan media pembelajaran dari hasil respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan media menunjukkan respon positif. Sehingga media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI