DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MARKETING POLITIK PASANGAN CALON H. ACHMAD FIKRY DAN SYAMSURI ARSYAD PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2018
PENGARANG:RISMAN HAKIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-15


ABSTRAK

Risman Hakim, D1B115034, 2022, Marketing Politik Pasangan Calon H. Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati diKabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun 2018. Di bawah bimbingan Bapak Samahuddin Muharram, Pembimbing I dan Ibu Siti Hamidah Pembimbing II.

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Marketing Politik Pasangan Calon H. Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati diKabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan informan penelitian adalah tim sukses pasangan calon,tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di Kabupaten hulu Sungai selatan sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik penelitian menggunakan wawancara, teknik penelitian pustaka, dan teknik metode dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah marketing politik yang digunakan pasangan calon H. Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad dengan menggunakan teori push marketing,pull marketing, pass marketing oleh Firmanzah.

Hasil penelitian menunjukan bahwasannya pasangan calon memanfaatkan sebagian besar aspek yang ada mulai dari push marketing dengan mendorong pemilih dengan menyampaikan visi misi secara langsung kepada masyarakat, pull marketing dengan berbagai media massa seperti radio, spanduk, bahkan media sosial, puss marketing dengan menggunakan partai politik, tokoh masyarakat untuk memperoleh dukungan suara oleh masyarakat.

Disarankan untuk pemilihan kepala daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan selanjutnya agar lebih banyak variasi pemasaran politik  yang digunakan dalam meraup suara pemilih yang tentunya menyesuaikan karakteristik masyarakat yang dikenal agamis agar ke efektifan marketing politik mejadi lebih baik.

Kata Kunci:    Marketing Politik, Incumbent, Pemilihan Kepala  Daerah, H. Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI