DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
PENGARANG:Aldi Nugroho
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-15


Pembangunan partisipatif adalah pembangunan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat karena masyarakat adalah orang atau pelaku utama pembangunan. Mereka yang mempunyai aspirasi dan yang paling mengetahui kebutuhannya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk ikut langsung terlibat dalam proses pembangunan agar pembangunan berjalan maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa Tungkaran serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan mengurai data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat dalam pembangunan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif dapat disimpulkan bahwa partsipasi masyarakat dalam perencanaan masih kurang, hal ini dikarenakan belum sepenuhnya masyarakat berhadir pada saat musrenbang. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan juga masih kurang, hal ini karena kegiatan gotong-royong di desa tersebut hampir tidak ada. Partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hasil sudah baik namun dalam pemeliharaan masih kurang, dikarenakan terdapat banyak sampah yang berserakan di tempat hasil pembangunan. Partisipasi masyarakat dalam evaluasi/pengawasan sudah cukup baik, karena BPD dan masyarakat berkoordinasi dan bekerjasama untuk mengawasi setiap hasil pembangunan, dan faktor yang menentukan partisipasi masyarakat dalam pembangunan adalah usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan, dan lamanya tinggal.

 

Kata Kunci : Partisipasi, Masyarakat, dan Pembangunan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI