DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dampak Proses Pembelajaran PJOK Secara Daring Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Tanah Bumbu.
PENGARANG:MUHAMMAD KHASAN RIFAI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-16


ABSTRAK

Muhammad Khasan Rifa’i. 2022. Dampak Proses Pembelajaran PJOK Secara Daring Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Rahmadi, S.Pd, M. Pd. (II) Dr. Tri Irianto, M. Kes, AIFO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dari adanya COVID-19 dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan instrumen berbentuk kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan sampel Guru PJOK dan Siswa yang berada di kabupaten Tanah Bumbu jenjang SMP dan SMA. Teknik Sampling yang digunakan untuk menetukan banyaknya sampel dari populasi yaitu quota sampling yang merupakan teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 40 orang guru dan sampel siswa sebanyak 200 orang siswa.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dampak covid-19 dalam proses pembelajaran daring jenjang SMP dan SMA di kabupaten Tanah Bumbu, dampak positif bagi guru yaitu menganalisis aktivitas siswa dan bagi siswa yaitu jangkauan internet dan aktivitas siswa Sedangkan dampak negatif bagi guru yaitu dalam mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif, pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, melihat keterbatasan jangkauan internet, menganalisis motivasi belajar siswa, menganalisi tingkat kejenuhan siswa. Dampak negatif bagi siswa meliputi indikator: mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif, pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, menganalisis motivasi belajar siswa, melihat sarana dan prasarana dan menganalisi tingkat kejenuhan siswa, Selain indikator yang memiliki dampak positif atau negatif terdapat juga dampak yang seimbang yaitu melihat sarana dan prasarana bagi guru.

Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring, Covid-19, Dampak Positif, Dampak Negatif, 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI