DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana pjok di SDN kecamatan Kelumpang hilir
PENGARANG:DEBY PRATAMA MEIANTORO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-16


ABSTRAK

 

 

DEBY PRATAMA MEIANTORO, 2016, NIM 1610122310008,  Optimalisasi pemanfaatan Sarana Prasarana PJOK dI SDN Kecamatan  Kelumpang Hilir Kabupaten KotaBaru. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (l) Drs. Abd. Hamid, M.Pd, Pembimbing(ll) Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd.

 

Masalah Penelitian ini tidak diketahui optimal atau tidak optimal bertujuan untuk mengetahui rasio sarana dan prasarana terhadap jumlah siswa dengan kompetensi dasar yang ada pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kelumpang Hilir. 

 

1.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskritif kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. 

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 sekolah,  dan sampel dari penelitian ini berjumlah 7 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kelumpang Hilir. 

2.Teknik sampel yang digunakan yaitu Porposive Sampling dengan objek sarana prasarana dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

3.Hasil penelitian ini dapat di ungkapkan sebagai berikut:

Pemanfaatan sarana dan prasarana PJOK yang dilaksanakan oleh guru Penjas tidak optimal

Kondisi sarana dan prasarana PJOK yang ada di sekolah dalam keadaan baik

Keberadaan sarana dan prasarana PJOK yang ada di sekolah semuanya masih aman dan dapat dimanfaatkan

Status Sarana dan Prasarana PJOK yang ada di sekolah milik sendiri

4.Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana PJOK di Sekolah Dasar Negeri  Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru yang dilakukan oleh guru Penjas tidak optimal. Keberadaan sarana dan prasarana dalam kondisi baik dengan status kepemilikannya miliki sekolah sendiri.

Kata Kunci : Optimalisasi Sarana Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI