DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Pusat Kesehatan Masyarakat Kayu Tangi Kota Banjarmasin | |
PENGARANG | : | ANDRI SAFUTRA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-02-16 |
ABSTRAK
AndriSafutra,1710413610013.2017,“PelayananVaksinasidiPusatKesehatanMasyarakatKayuTangiKotaBanjarmasin”.DibawahbimbinganArifRahmanHakim,S.Sos, M.IPselakuPembimbingI.
Penelitian inibertujuanuntuk mengetahuibagaimanapelayananvaksinasiyangdiberikanolehPuskesmasKayuTangidiKecamatanBanjarmasinUtara.Pemilihanlokasidikarenakanketersediaanvaksindosis1diPuskesmastersebutmengalamikekosonganstokvaksinpadaawaltahun2021danjugalokasidariPuskesmastersebutberadadiareaperkotaandanberdekatandenganlingkungankampusyangmemungkinkanbanyakdarimasyarakatmaupunmahasiswayangmelakukan vaksinasi di sana. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatifdeskriptif dan yang menjadi informan ialah Kepala Puskesmas, Petugas Kesehatan(Nakes) serta masyarakat yang datang ke Puskesmas Kayu Tangi untuk mendapatkanpelayananvaksinasi.Teknikpengumpulandatayangdilakukanobservasi,dokumentasi, wawancara dan pengolahan data. Data tersebut kemudian dianalisisdengan menggunakan pendekataan yang bersifat deskriptif, dan adapun yang menjadifokus penelitian yaknipersyaratan pokok dalam pelayanan kesehatan yang baik,yangdiukur dari 5 indikatoryaitu tersedia dan berkesinambungan, dapat diterima danwajar(acceptable&appropriate),mudahdicapai(accessible),mudahdijangkau(affordable),bermutu (quality).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan vaksinasi di Puskesmas KayuTangi sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari5 indikator yaitu tersedia danberkesinambungan,dapatditerima dan wajar(acceptable& appropriate), mudahdicapai (accessible), mudah dijangkau (affordable), bermutu (quality). Namun dalampelaksanaannya masih terdapat sedikit kendala dari masyarakat yang tidak mau divaksin. Adapun faktor pendukung dalam pelayanan vaksinasi di Puskesmas KayuTangiyaitumelakukantugasmerekasesuaidenganSOP(StandarOperasionalProsedur) dan lebih mengutamakan pelayanan vaksinasi covid-19 kepada masyarakatterlebih dahulu, dimulai dari pelayanan administrasi, pemeriksaan maupun pemberianinformasidengan sangat jelaskepada pasien.
OlehkarenaitudisarankankepadapihakPuskesmasdantenagakesehatanagar mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang lebih jelas dantransparanmengenaiCovid-19sertamengkampanyekanpentingnyavaksinasiCovid-
19. Diharapkan juga kepada tenaga kesehatan agar memberikan contoh atau menjadirole model bagi masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 dan vaksinasinyauntukmembentukkepercayaandankeyakinanmasyarakatterhadappentingnyavaksinasiCovid-19.
KataKunci:Pelayanan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI