DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Pusat Kesehatan Masyarakat Kayu Tangi Kota Banjarmasin
PENGARANG:ANDRI SAFUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-16


ABSTRAK

 

AndriSafutra,1710413610013.2017,“PelayananVaksinasidiPusatKesehatanMasyarakatKayuTangiKotaBanjarmasin”.DibawahbimbinganArifRahmanHakim,S.Sos, M.IPselakuPembimbingI.

 

Penelitian inibertujuanuntuk mengetahuibagaimanapelayananvaksinasiyangdiberikanolehPuskesmasKayuTangidiKecamatanBanjarmasinUtara.Pemilihanlokasidikarenakanketersediaanvaksindosis1diPuskesmastersebutmengalamikekosonganstokvaksinpadaawaltahun2021danjugalokasidariPuskesmastersebutberadadiareaperkotaandanberdekatandenganlingkungankampusyangmemungkinkanbanyakdarimasyarakatmaupunmahasiswayangmelakukan vaksinasi di sana. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatifdeskriptif dan yang menjadi informan ialah Kepala Puskesmas, Petugas Kesehatan(Nakes) serta masyarakat yang datang ke Puskesmas Kayu Tangi untuk mendapatkanpelayananvaksinasi.Teknikpengumpulandatayangdilakukanobservasi,dokumentasi, wawancara dan pengolahan data. Data tersebut kemudian dianalisisdengan menggunakan pendekataan yang bersifat deskriptif, dan adapun yang menjadifokus penelitian yaknipersyaratan pokok dalam pelayanan kesehatan yang baik,yangdiukur dari 5 indikatoryaitu tersedia dan berkesinambungan, dapat diterima danwajar(acceptable&appropriate),mudahdicapai(accessible),mudahdijangkau(affordable),bermutu (quality).

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan vaksinasi di Puskesmas KayuTangi sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari5 indikator yaitu tersedia danberkesinambungan,dapatditerima dan wajar(acceptable& appropriate), mudahdicapai (accessible), mudah dijangkau (affordable), bermutu (quality). Namun dalampelaksanaannya masih terdapat sedikit kendala dari masyarakat yang tidak mau divaksin. Adapun faktor pendukung dalam pelayanan vaksinasi di Puskesmas KayuTangiyaitumelakukantugasmerekasesuaidenganSOP(StandarOperasionalProsedur) dan lebih mengutamakan pelayanan vaksinasi covid-19 kepada masyarakatterlebih dahulu, dimulai dari pelayanan administrasi, pemeriksaan maupun pemberianinformasidengan sangat jelaskepada pasien.

 

OlehkarenaitudisarankankepadapihakPuskesmasdantenagakesehatanagar mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang lebih jelas dantransparanmengenaiCovid-19sertamengkampanyekanpentingnyavaksinasiCovid-

19. Diharapkan juga kepada tenaga kesehatan agar memberikan contoh atau menjadirole model bagi masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 dan vaksinasinyauntukmembentukkepercayaandankeyakinanmasyarakatterhadappentingnyavaksinasiCovid-19.

 

KataKunci:Pelayanan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI