DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING TAHUN AJARAN 2020/2021 PADA JENJANG SMP DAN SMA DI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD RENALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-16


MUHAMMAD RENALDY. NIM.1710122310043, 2022. Dampak Proses Pembelajaran PJOK Secara Daring Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Balangan. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Rahmadi, S.Pd, M. Pd. (II) Dr. Tri Irianto, M. Kes, AIFO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dari adanya Covid-19 dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Balangan.

Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan prosedur yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode survei dengan instrumen berbentuk kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan sampel Guru PJOK dan Siswa yang berada di Kabupaten Balangan jenjang SMP dan SMA.

Teknik Sampling yang digunakan untuk menetukan banyaknya sampel dari populasi yang tersedia quota sampling yang merupakan teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu, Populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK dan seluruh peserta didik SMP dan SMA di Kabupaten Balangan sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 guru PJOK dan 309 orang peserta didik dari total populasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dampak Covid-19 dalam proses pembelajaran daring jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Balangan, untuk dampak positif bagi guru yaitu mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif, melihat sarana dan prasarana, menganalisis tingkat kejenuhan siswa. Sedangkan dampak negatif bagi guru yaitu pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, melihat keterbatasan jangkauan internet, menganalisis motivasi belajar siswa. Dampak positif bagi siswa meliputi indikator mengaplikasikan teknologi/mutimedia secara efektif, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, menganalisis motivasi belajar siswa, menganalisis aktivitas siswa, melihat sarana dan prasarana, menganalisis tingkat kejenuhan siswa. Sedangkan dampak negatif bagi siswa yaitu evaluasi pembelajaran, melihat keterbatasan jangkauan internet. Selain indikator yang memiliki dampak positif dan negatif, terdapat juga dampak yang seimbang yaitu pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring bagi siswa dan menganalisis aktivitas siswa bagi guru.

Kata Kunci : Proses Pembelajaran Daring, Covid-19, Dampak Positif, Dampak Negatif,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI