DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL
PENGARANG:Nasdianur Irawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-18


Keterampilan kognitif yang penting diperhatikan pada diri peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Usaha yang dapat dilakukan dalam membangun keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah melalui proses pembelajaran, yang didukung oleh penggunaan bahan ajar inovatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD yang dikembangkan berbasis keterampilan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Semester Ganjil. Tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk uji validitas, 3 peserta didikuntuk uji perorangan, 7 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 25 peserta didikuntuk uji lapangan. Validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan validitas LKPDmendapatkan nilai rata-rata dengan kategorisangat valid dan uji perorangan mendapatkan nilai rata-rata dengan kategorisangat baik. Kepraktisan harapan dan aktual LKPD masing-masing mendapatkan nilai dengan kategorisangat baik. Keterlaksanaan harapan dan aktual masing-masing mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan dengan kriteria sangat efektif Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain 0,6 pada keefektifan aktual sehingga dikategoriN-Gain sedang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi pelajaran Biologi kelas XI yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI