DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI DEBAT PESERTA DIDIK KELAS 1 SMAN 1 ALALAK
PENGARANG:Muhammad Rifani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-19


Kurangnya media pembelajaran mengakibatkan pendidik kesulitan menampilkan contoh nyata dalam materi debat. Permasalahan tersebut memicu peneliti dalam mencari solusi agar terciptanya pembelajaran yang berinovasi. Melalui pengembangan media video pembelajaran diarapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia  materi debat kelas X SMA Negeri 1 Alalak, (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Alalak setelah menggunakan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi debat. Penelitian pengembangan media video pembelajaran ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan 4D yaitu Define, Design, Development, dan  Dissemination yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan keperluan.

Berdasarkan hasil penilaian kedua ahli media dapat diperoleh dari validator I sebesar 96,71% dengan katergori “sangat layak” dan validator II sebesar 96,29% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian kedua ahli materi dapat diperoleh dari validator I sebesar 100% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 90,38% dengan kategori “sangat layak”, peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0,37 dengan kategori “sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa video pembelajaran ilmu pengetahuan alam layak digunakan sebagai video pembelajaran bagi peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI