DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUB KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN DI SMA/MA DALAM BENTUK E-HANDOUT
PENGARANG:ANISA RAHMATINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-20


 

Pembelajaran pada abad 21 didukung dengan penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah penggunaan bahan ajar dalam bentuk elektronik. Bahan ajar yang dapat menjadi pilihan yaitu E-Handout. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap hasil Pengembangan Bahan Ajar Sub Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan di SMA/MA Dalam Bentuk E-Handout. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Thiagarajan et al., 1974). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik. Subjek penelitian adalah 3 orang ahli dan 12 orang peserta didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alalak. Hasil penelitian Pengembangan Bahan Ajar Sub Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan di SMA/MA Dalam Bentuk E-Handout menunjukkan hasil “sangat sesuai” (4,43) yang berarti E-Handout sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran, bahasa, format dan media, “sangat layak” (4,53) yang berarti secara teknis E-Handout sangat layak digunakan sebagai bahan ajar, keterbacaan “sangat baik” (4,59) yang berarti E-Handout sangat mudah dibaca oleh peserta didik, dan direspon “sangat positif“ (4,55) yang berarti E-Handout diminati dan disenangi oleh peserta didik.

Kata kunci : Bahan ajar, e-handout, pengembangan, struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI