DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Organologi dan Teknik Permainan Alat Musik Tradisional Sarunai Bukit Suku Dayak Meratus di Desa Harakit Kecamatan Piani Kabupaten Tapin
PENGARANG:MUHAMMAD ZAIRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-20


Sarunai Bukitmerupakan alat musik tradisional warisan dari leluhur nenek moyang Suku Dayak Meratus di Desa Harakit Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Kurangnya pengetahuan mengenai organologi dan teknik permainan alat musik tradisionalSarunai Bukit khususnya kepada para pemain musik dan akademisi seni musik dalam mempelajari alat musik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah struktur organologi baik dari segi struktur, proses pembuatan, serta teknik permainan alat musik tradisional alat musik tradisional Sarunai Bukit Suku Dayak Meratus di Desa Harakit Kecamatan Piani Kabupaten Tapin.

 

Hasil penelitian ini menjelaskan tentang : (1) Sejarah alat musik tradisionalSarunai Bukit termasuk golongan aerofon. (2) Inventori alat musik tradisional Sarunai Bukit. (3) Terminologi dan penamaan alat musik tradisional Sarunai Bukit. (4) klasifikasi alat musik tradisional Sarunai Bukit. (5) Deskripsi kontruksi alat musik tradisional Sarunai Bukit. (6) Produksi suara alat musik tradisional Sarunai Bukit. (7) Teknik permainan alat musik tradisional Sarunai Bukit. (a) posisi tubuh dalam memainkan alat musik tradisional Sarunai Bukit. dilakukan dengan posisi duduk bersila tangan kiri dan tangan kanan memegang alat musik tradisional Sarunai Bukit, (b) cara memegang dan teknik penjarian dalam memainkan alat musik tradisional Sarunai Bukit, (c) teknik meniup dengan memposisikan ilat berada ditengah-tengah antara bibir bagian atas dan bibir bagian bawah, (d) teknik pernafasan dalam memainkan alat musik tradisional Sarunai Bukit dengan menggunakan pernafasan perut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI