DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK, NUMBER HEAD TOGETHER & CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS 2 SD ISLAM ANAK CERIA BANJARBARU
PENGARANG:Nurul Fadilah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-20


Fadilah, Nurul. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Matematika Realistik, Number Head Together & Contextual Teaching And Learning Kelas 2 Sd Islam Anak Ceria Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Number Head Together (NHT) & Contextual TeachingAnd Learning (CTL)

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang berpikir kritis dan logis, pembelajaran yang cenderung monoton dan pembelajaran berpusat pada guru yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah di kelas II SD Islam Anak Ceria Banjarbaru. Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Number Head Together (NHT) & Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan Menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas II SD Islam Anak Ceria Banjarbaru tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 11 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa terlaksana dengan sangat aktif. Hasil belajar siswa mencapai 95.00% ketuntasan secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Number Head Together (NHT) & Contextual Teaching And Learning (CTL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI