DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-20


ABSTRAK

 

Aulia Rahmah. 2022. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Pembimbing: (I) Dr.Sulistiyana, S.Pd., M.Pd. (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

 

Kata kunci: Tanggung Jawab, Sosiodrama, Bimbingan Kelompok

 

Kewajiban seseorang menjalankan segala tugas dengan berani menanggung resiko atas segala sesuatunya baik dari sikap perilaku dan perkataan merupakan bagian tanggung jawab siswa. Hasil studi pendahulan yangpeneliti lakukan di SMA Negeri 4 Banjarmasin mendapati bahwa masih rendahnya tanggung jawab siswa terutama pada kelas XI. Hal ini didapati dari hasil wawancara dengan mahasiswa parktik kerja lapangan dan guru BK di sekolah, terdapat beberapa siswa yang memiliki kurang tanggung jawab. Beberapa siswa tidak mengerjakan tugas, tidak mengerjakan ulangan dengan baik dan tidak melakukan remedial. Sehingga, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran aktivitas peneliti, aktivitas siswa dan peningkatan tanggung jawab menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan empat siklus, dilaksanakan empat kali pertemuan. Adapun populasi siswa kelas XI berjumlah 241 dengan sampel yaitu 8 orang. Menggunakan metode pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawamcara dan dokumentasi.

Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I aktivitas peneliti termasuk kategori cukup baik, kemudian mengalami peningkatan sampai pada kategori sangat baik pada siklus IV. Kemudian pada akivitas siswa siklus I, termasuk kategori cukup aktif kemudian mengalami peningkatan pada siklus IV dengan kategori aktif. Sedangkan tanggung jawab siswa dari siklus I termasuk dalam kategori kurang meningkat, pada siklus IV menjadi kategori meningkat. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan tanggung jawab siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan naskah drama yang sederhana dan mengandung humor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI