DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Citra Perempuan Muslimah dalam Dua Novel Asma Nadia
PENGARANG:Drike Afreliani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-20


 

 

Afreliani, Drike. (2023). Citra Perempuan Muslimah dalam Dua Novel Asma Nadia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

Kata kunci: citra, perempuan Muslimah, novel.

 

Novel adalah sebuah karya sastra yang di dalamnya menceritakan perjuangan hidup seorang tokoh. Tokoh perempuan sangat sering diceritakan dalam novel, seperti yang terdapat pada novel Cinta 2 Kodi dan Sehidup Sesurga Denganmu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra positif dan citra negatif perempuan Muslimah tokoh utama dalam dua novel karya Asma Nadia serta mendeskripsikan persamaan dan perbedaan citra perempuan Muslimah tokoh utama dalam novel.

Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah novel Cinta 2 Kodi dan Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia. Data yang dikumpulkan berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menggambarkan citra perempuan Muslimah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik telaah dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Cinta 2 Kodi dan Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia memiliki tiga kelompok citra, yakni citra perempuan Muslimah dalam hubungannya dengan Tuhan, Citra perempuan Muslimah dalam hubungannya dengan diri sendiri, dan citra perempuan Muslimah dalam hubungannya dengan manusia lain. Novel Cinta 2 Kodi dan novel Sehidup Sesurga Denganmu memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan kedua novel tersebut sama-sama memiliki tiga pengelompokan citra perempuan Muslimah, akan tetapi terdapat perbedaan bentuk citra positif maupun negatif tokoh perempuan Muslimah dalam setiap kelompok citra pada kedua novel, tetapi ada persamaan bentuk citra positif dan citra negatif tokoh perempuan Muslimah dalam setiap kelompok citra tersebut pada kedua novel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI