DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN PERILAKU NOMOPHOBIA YANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PELAIHARI
PENGARANG:HESTY UTAMI PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-21


Nomophobia merupakan rasa takut berada di luar kontak ponsel dan dianggap sebagai fobia modern akibat efek samping dari interaksi antara manusia yang mengacu pada ketidaknyamanan, kegelisahan, gugup atau kesedihan yang disebabkan karena tidak terhubung dengan smartphone. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui perbedaan perilaku nomophobia yang ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert siswa SMA Negeri 1 Pelaihari.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif atau perbedaan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen EPPS dan angket dengan jenis skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pelaihari dengan jumlah populasi sebanyak 155 siswa/i dan sampel sebanyak 30 siswa/i. analisis data menggunakan uji T-test. Penelitian dilakukan pada siswa/I kelas X SMA Negeri 1 Pelaihari dengan hasil yaitu nilai signifikansi untuk perbedaan tipe kepribadian ekstrovert (X1) dan tipe kepribadian (X2) dengan perilaku nomophobia (Y) adalah 0,625 (ekstrovert) dan 0,798 (introvert) > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara X1 ke Y dan X2 ke Y yang menunjukkan hasil T hitung lebih besar dari pada T tabel 2,097 > 1,6706.

 

            Hasil penelitian menyatakan ada perbedaan antara perilaku nomophobia yang ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa/i kelas X di SMANegeri 1 Pelaihari.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI