DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERJEKSI DALAM NOVEL "BUMI MANUSIA" KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER
PENGARANG:ELVA RIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-27


ABSTRAK

Riyani, Elva. 2021. Interjeksi dalam Novel “Bumi Manusia” Karya Pramoedya Ananta Toer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Jumadi, M.Pd; (II) Dr. Sabhan, M.Pd.

Kata kunci: interjeksi, novel

Interjeksi atau kata seru adalah kata yang mampu mengungkapkan perasaan pembicara tanpa harus menggunakan kalimat yang panjang. Seperti perasaan jijik, kesal, kagum, syukur, harapan, heran, kaget, ajakan, panggilan, simpulan. Misalnya interjeksi “cis” yang berarti mengungkapkan perasaan jijik dari pembicara. Penelitian ini penting dilakukan agar pembaca mengetahui bahwa interjeksi tidak hanya ada dalam bahasa lisan saja, tetapi juga ada dalam bahasa tulis seperti yang terdapat pada karya sastra novel.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi interjeksi dalam novel Bumi Manusia karya PAT. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian ini dilakukan pada novel Bumi Manusia karya PAT sebagai sumber data. Data penelitian diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat interjeksi yang ditemukan dalam novel Bumi Manusia karya PAT. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) membaca novel secara saksama; (2) mencatat keberadaan kata seru dari dalam novel ke dalam tabel; (3) mengklasifikasikan data; (4) menganalisis data; dan (5) menarik simpulan.

Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa di dalam novel Bumi Manusia karya PAT ditemukan 10 jenis interjeksi , yaitu: (1) kejijikan, (2) kekesalan, (3) kekaguman/kepuasan, (4) kesyukuran, (5) harapan,

(6)keheranan, (7) kekagetan, (8) ajakan, (9) panggilan, dan (10) simpulan. Interjeksi dalam novel Bumi Manusia karya PAT memiliki sepuluh fungsi.

Fungsi interjeksi yang mewakili rasa jijik 1 data, rasa kesal 47 data, rasa kagum/puas 14 data, rasa syukur 4 data, rasa harapan 4 data, rasa keheranan 69 data, rasa kekagetan 12 data, rasa ajakan 62 data, rasa panggilan 120 data, dan rasa simpulan 58 data.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI