DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN HABITAT OLEH LUTUNG DAHI PUTIH (Presbytis frontata) PADA KAWASAN TERFRAGMENTASI DI KECAMATAN KELUMPANG TENGAH KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANISAH FITRI NASUTION
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-28


 

ABSTRAK

ANISAH FITRI NASUTION. 2023. Penggunaan Habitat oleh Lutung Dahi Putih (Presbytis frontata) pada Kawasan Terfagmentasi di Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru Provinsi Kaliamantan Selatan”. Tesis, Program Studi Magister Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. Abdi Fithria, S.Hut., M.P. dan  Dr. H. Kissinger, S.Hut., M.Si.

 

Kata kunci: Habitat, Lutung Dahi Putih, Terfagmentasi

 

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik penggunaan habitat lutung dahi putih (Presbytis frontata), perilaku makan lutung dahi putih, dan sumber nutrisinya. Pengamatan pemanfaatan habitat satwa merupakan salah satu rangkaian yang merepresentasikan suatu proses penentuan strategi pengelolaan berkelanjutan di suatu kawasan, karena dengan mengetahui perilaku ekologi suatu spesies, dapat ditentukan tindakan konservasi yang dapat dilakukan, baik dari perencanaan habitat, manajemen, maupun evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Focal Animal Sampling yaitu pengamatan dengan fokus pada satu objek pengamatan untuk mengamati aktivitas makan lutung dahi putih mulai dari perilaku, waktu, dan lama makan dalam satu hari, serta pengecekan kandungan gizi pakan tersebut. Pengecekan kandungan gizi pakan dilakukan dengan pengujian di laboratorium. Data kandungan yang diambil meliputi persentase kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar serat kasar, dan kadar karbohidrat dari jenis pakan yang menjadi makanan pokok. Analisis data meliputi karakteristik habitat, aktivitas makan, jenis pakan, dan kandungan nutrisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada satu kelompok lutung dahi putih sekitar 12 ekor yang terdiri dari jantan, betina, anakan, dan remaja. Perilaku makan lutung dahi putih terlihat di lapangan, individu dalam satu hari dapat makan sampai 3 kali, mulai makan dari jam 06.00 - 09.00 pagi, untuk makan siang dari jam 11.00 - 13.00, dan untuk makan sore dari pukul 16.00 - 18.00. Posisi makan menggunakan kedua kaki depan bergantian dengan kaki belakang agar posisi makan tidak mudah lepas dari pegangan. Jenis vegetasi yang dimakan lutung dahi putih antara lain pucuk daun karet (Hevea brasiliensis), tarap lilin (Artocarpus odoratissimus), buah akar (Glycyrrhiza glabra), buah pisang (Musa paradisiaca) dan buah pepaya (Carica papaya). Hasil uji nutrisi pakan Presbytis frontata menunjukkan kadar air tinggi (58,45 - 92,55%), kadar abu rendah (0,50 - 2,21%), kadar protein rendah (0,54 - 2,0%), kadar lemak rendah (0,15 - 1,72%), kadar serat rendah (0,34 – 3,51%), dan kadar karbohidrat sedang (5,73 - 29,36%).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI