DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI SEKTOR UNGGULAN KABUPATEN BALANGAN : ANALISIS INPUT OUTPUT
PENGARANG:M. Arifani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-01


Penelitian ini dilakukan dengan dasar pemikiran yaitu untuk meningkatkan nilai perekonomian dari suatu daerah diperlukan sektor ekonomi yang bisa diunggulkan atau yang biasa disebut sektor basis. Perekonomian dikatakan berkembang jika nilai PDRB daerah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.

Penggunaan metode input output dirasa dapat membantu untuk menentukan sektor unggulan di Kabupaten Balangan. Metode ini juga terbilang sukses dalam memberikan hasil perhitungan yang diinginkan karena dalam pelaksanaannya terdapat analisis lain seperti analisis keterkaitan, dampak penyebaran, serta analisis multiplier yang mendukung hasil yang lebih tepat. Tabel input-output Kabupaten Balangan merupakan tabel input-output Provinsi Kalimantan Selatan 2016 yang diturunkan dengan menggunakan metode location qoutient dan diperbaharui sesuai tahun yang diinginkan sehingga menghasilkan Tabel Input-Output Kabupaten Balangan terbaru yaitu tahun 2021.

Untuk hasil dari penelitian ini, ditunjukkan bahwa Sektor Listrik, Gas, dan Air; Sektor Pertambangan dan Penggalian; Sektor Konstruksi; Sektor Industri Pengolahan adalah sektor-sektor potensial di Kabupaten Balangan. Keempat sektor ini lah yang perlu dikembangkan karena dengan meningkatkan nilai sektor-sektor ini diharapkan akan mendorong peningkatan sektor lainnya. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu terbatasnya data yang digunakan karena hanya berupa hasil dokumentasi oleh instansi-instansi terkait.

 

 

Kata Kunci: Analisis Input Output, Sektor Unggulan, Kabupaten Balangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI