DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dampak Covid-19 Terhadap Harga Saham dan Trading Volume Activity Pada Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia
PENGARANG:NUR KAMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-02


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis pengaruh dari pengumuman kasus pertama Covid-19 di Indonesia terhadap harga saham; dan (2) menganalisis pengaruh dari pengumuman kasus pertama Covid-19 di Indonesia terhadap trading volume activity, pada sub sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumuman tersebut disampaikan oleh pemerintah pada tanggal 2 Maret 2020.

            Penelitian menggunakan sampel dari 16 perusahaan sub sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Periode pengamatan pada penelitian ini adalah 14 hari yang terdiri dari, 7 hari sebelum peristiwa pengumuman dan 7 hari setelah peristiwa pengumuman. Pengujian pada penelitian ini menggunakan wilcoxon signed rank test dengan alat bantu SPSS ver.23.

            Hasil uji statistik menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata harga saham dan rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Oleh sebab itu, penelitian ini menemukan bahwa pengumuman kasus pertama Covid-19 di Indonesia tidak memiliki kandungan informasi yang cukup untuk investor bereaksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI