DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PEMASARAN PAKAN IKAN PABRIKAN DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR MANDIANGIN BARAT KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Muhammad Baidowi Mahfudz
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-02


KAJIAN PEMASARAN PAKAN IKAN PABRIKAN DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR MANDIANGIN BARAT KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

Muhammad Baidowi Mahfudz1, Idiannor Mahyudin 2, Emmy Lilimantik3

 

1) Mahasiswa Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK

2)Dosen Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK

 Corresponding author. Email: (muhammadbaidowimahfudz@gmail.com)

 

                                          ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemasaran tentang pakan ikan pabrikan di Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin. Tempat penelitian ini ditentukan secara sengaja berdasarkan metode purpossive sampling. Pengumpulan data.yang digunakan pada saat pelaksanaan kegiatan penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran pakan ikan pabrikan lebih menguntungkan dibandingkan pembelian pakan ikan di pabrikan besar. Secara sistem pemasaran pakan ikan untuk pembelian biasanya dilakukan secara offline/online, Pola saluran pertama di pabrik itu sendiri di BPBAT mandiangin, kedua pedagang desa, pedagang toko, supplier, pengecer, konsumen akhir. Untuk margin pemasaran nilai yang dijualkan untuk pakan ikan pabrikan dari Apung maupun Tenggelam berkisaran antara apung sebesar Rp.234.000/30kg dan pakan ikan Tenggelam Rp.112.500/15kg berdasarkan margin pemasaran untuk pakan ikan apung selisihnya dai produsen ke konsumen adalah Rp.16.000 Sedangkan untuk pakan ikan tenggelam adalah Rp.15.000. Farmer’s

 

Kata Kunci : Studi Kajian, Pakan Ikan Pabrikan, Pakan ikan Apung, Pakan ikan Tenggelam

 



STUDY MARKETING FEED FISH MANUFACTURER IN BALAI PERIKANAN CULTIVATION FRESHWATER WEST WIND BANJAR DISTRICT SOUTH KALIMANTAN PROVINCE
 

Muhammad Baidowi Mahfudz1, Idiannor Mahyudin 2, Emmy Lilimantik3

 

1) Mahasiswa Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK

2)Dosen Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK

 Corresponding author. Email: (muhammadbaidowimahfudz@gmail.com)

 
                                                    ABSTRAK
 
This study aims to examine the marketing of manufactured fish feed at the Mandiangin Freshwater Cultivation Center. The location of this research was determined purposively based on the purposive sampling method. Data collection. used during the implementation of research activities are observation, interviews and documentation. The results showed that the marketing of manufactured fish feed is more profitable than purchasing fish feed from large manufacturers. In terms of the fish feed marketing system for purchases, it is usually done offline/online. The first channel pattern is at the factory itself at the BPBAT mandiangin, the second is village traders, shop traders, suppliers, retailers, end consumers. For marketing margins, the value sold for manufactured fish feed from Floating and Drowned ranges from Rp.234,000/30kg for Floating fish feed and Rp.112,500/15kg for Drowned fish based on the marketing margin for floating fish feed, the difference from producers to consumers is Rp.16,000. sinking fish feed is IDR 15,000. Farmer's.
 
Keywords : Study Studies, Manufacturing Fish Feed, Floating Fish Feed And Sinking Fish Feed.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI