DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KOMPARASI BENTUK MUSIK DAN STRUKTUR LAGU HUJAN KARYA IBU SOED DENGAN HUJAN FANTASY KARYA JUBING KRISTIANTO
PENGARANG:Faisal Dharmawan
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-02


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bentuk Musik dan Struktur Musik Lagu Hujan Karya Ibu Soed dan Hujan Fantasy Karya Jubing kristianto serta perbedaan yang terdapat antara kedua lagu tersebut. Adapun yang di bahas meliputi bentuk lagu, dan Struktur musik yang berupa ritme, motif, dan harmoni.

Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskripstif kualitatif, yaitu penelitian yang memerlukan penjelasan mengenai keadaan yang terjadi tanpa melepaskan objek yang akan diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah teknik content analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.

 Hasil penelitian menunjukkan  bahwa (1) berdasarkan analisis bentuk lagu, lagu Hujan karya Ibu Soed menggunakan bentuk lagu A(a-x) dan B (b-y) sedangkan Hujan Fantasy karya Jubing kristianto menggunakan bentuka lagu A(a-x), B(b-y), A’(a,a’), dan B’(b-b’). (2) Berdasarkan analisis motif lagu, lagu Hujan karya Ibu Soed hanya menggunakan 2 pengembangan motif sequence by rhythm dan sekuens turun sedangkan Hujan Fantasy karya Jubing Kristianto menggunakan pengembangan motif yang bermacam-macam dan banyak menggunakan teknik pengembangan motif diminuation of value dan sequence by rhythm. (3) Berdasarkan analisa ritme lagu, lagu Hujan Karya Ibu Soed  menggunakan nada dan ritme sederhana yang bertujuan agar anak-anak bisa mudah menyanyikannya sedangkan lagu Hujan Fantasy karya Jubing Kristianto menggunakan ritme yang bervariasi dan berbeda disetiap repetisi bentuk lagu Hujan Fantasy tersebut.(4) Berdasarkan analisis harmoni, lagu Hujan Karya Ibu Soed menggunakan harmoni dan dengan tangga nada C Major dan diisi dengan akor I, ii, iii,  IV, dan V sedangkan Hujan Fantasy karya Jubing Kristianto dalam aransemennya menggunakan pengembangan progresi akord yang bervariasi seperti akor major 7, minor 7, dan suspensi.

 

 

Kata kunci:Komparasi,Bentuk, Struktur , Hujan, IbuSoed,  Jubing Kristianto

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI