DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET MENGGUNAKAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
PENGARANG:NANDA LASCOBA PRAMANATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-08


PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET MENGGUNAKAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Oleh: Nanda Lascoba Pramanata; Pembimbing: Noor Fajriah, Yuni Suryaningsih; 2023; 104 Halaman)

 

ABSTRAK

 

Pada proses pembelajaran, peserta didik terkadang kesulitan dalam memahami materi dan juga soal-soal yang diberikan. Hal ini dapat diamati ketika peserta didik diberikan soal-soal yang levelnya lebih sulit dan jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat menunjang peserta didik agar peserta didik dapat memahami materi pelajaran lebih mendalam adalah modul ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap yang dilakukan pada penelitian ini adalah tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kriteria kevalidan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil dari validasi ahli (expert appraisal) oleh dua orang validator menggunakan lembar validasi. Hasil uji validitas modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini memperoleh nilai rata-rata, yaitu 4,3490 dan dengan kriteria “Valid”. Kriteria kepraktisan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil dari angket respons peserta didik dengan memperoleh nilai rata-rata, yaitu 4,2409, dengan kriteria “Praktis”. Kriteria keefektifan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan tes hasil belajar dengan memperoleh persentase nilai rata-rata, yaitu 87,5% dengan kriteria “Efektif”.

 

Kata Kunci: Modul ajar, matematika, barisan dan deret, etnomatematika, pembelajaran berbasis masalah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI