DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Relasi Manusia dan Alam dalam Novel “Catatan Ayah tentang Cintanya kepada Ibu” Karya Sandi Firly.
PENGARANG:Silfia Mulyati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-09


Mulyati, Silfia. 2022. Relasi Manusia dan Alam dalam Novel Catatan Ayah tentang Cintanya kepada IbuKarya Sandi Firly. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dewi Alfianti,  M.Pd.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd. 

 

Kata kunci: ekokritik, sastra, dan novel

Ekokritik merupakan sebuah pendekatan dalam kritik sastra yang mempelajari ekosistem kehidupan dan interaksi manusia dengan alam. Penelitian ini menitikberatkan pada perilaku manusia dalam menggunakan prinsip etika lingkungan hidup dan bentuk relasi manusia dengan alam, menuturkan kebudayaan suku Dayak Maratus, adat-istiadat, mitos tentang hutan keramat, dan keindahan alam Loksado.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi manusia dan alam dalam novel Catatan Ayah tentang Cintanya kepada Ibu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah novel. Penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka.Analisis yang dilakukan ialah mendeskripsikan relasi manusia dan alam melalui pembacaan heuristik sertahermeneutika yang ada dalam novel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi manusia dan alam dalam novel tersebut meliputi: (1) telaah sikap hormat terhadap alam; (2) telaah sikap tanggung jawab moral terhadap alam; (3) telaah sikap solidaritas terhadap alam; (4) telaah sikap kasih sayang dan kepedulian terhadap alam; dan (4) telaah sikap tidak mengganggu kehidupan alam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI