DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI JAGUNG (STUDI KASUS : DI DESA TAJAU PECAH, KECAMATAN BATU AMPAR, KABUPATEN TANAH LAUT)
PENGARANG:I MADE GINADE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-10


I Made Ginade (2022) Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Pendapatan Petani Jagung (Studi Kasus : Di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten TanahLaut).

Dosen Pembimbing : Dra. Eny Fahrati, MP

Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaanalam yang melimpah, baik di lautan maupun di daratan, memiliki potensi yang luar biasa. Salah satunya sektor agraria. Sektor agraria petanian merupakan sektor yang memiliki potensi yang besaruntuk terus dikembangkan. Selain padi, komoditasjagung juga merupakan komoditas pertanian yang diminati oleh penduduk Indonesia. Bahkan jagungmerupakan tanaman yang bisa tumbuh hampir diseluruh wilayah Indonesia. Kabupaten Tanah Laut, Kalimatan Selatan memiliki potensi yang besar untuk menjadi sentral jagung di Pulau Kalimatan. Khususnya Kecamatan Batu Ampar.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan, tenaga kerja, biaya pupuk, biaya pestisida, biaya bibit terhadap pendapatan petani jagung diKecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Datadalam penelitian ini merupakan data primer yang bersumber dari 53 responden di Desa Tajau PecahKecamatan Batu Ampar Tanah Laut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah hanya luas lahanberpengaruh signifikan terhadap pendapatan bersih petani jagung di Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar, Tanah Laut. Sedangkan, secara simultansemua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat.

Kata Kunci : Pertanian Jagung, Kecamatan Batu Ampar,Tanah Laut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI