DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN PENENTUAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI n-HEKSAN DAUN PAMPAKEN (Durio kutejensis (Hassk.) Becc.)
PENGARANG:Wiwi Normaulida Sari
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2020-12-16


ABSTRAK
PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN PENENTUAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI n-HEKSAN DAUN PAMPAKEN (Durio kutejensis (Hassk.) Becc.)
(Oleh Wiwi Normaulida Sari; Pembimbing: Nashrul Wathan, Fadlilaturrahmah; 2018, 44 halaman)
Radikal bebas dikenal berbahaya dan mengancam kesehatan manusia. Radikal bebas menyerang sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan permanen. Senyawa yang dapat meredam aktivitas radikal bebas adalah senyawa antioksidan. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antioksidan adalah Pampaken (Durio kutejensis (Hassk.) Becc.) yaitu bagian daunnya. Ekstrak etanol daun D. kutejensis diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat aktif dengan nilai IC50 yaitu 31,054 ppm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kromatografi lapis tipis dan aktivitas antioksidan fraksi n-heksan daun D. kutejensis. Penelitian ini bersifat eksperimental. Sampel yang digunakan adalah daun D. kutejensis yang berasal dari daerah Anjir Pasar Km. 4, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Profil kromatografi lapis tipis dilakukan dengan membandingkan hasil KLT dari 10 macam eluen, sedangkan penentuan aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-heksan:etil asetat (7:3) adalah eluen yang menghasilkan pemisahan paling baik. Hasil penentuan aktivitas antioksidan menunjukkan bahwa nilai IC50 fraksi n-heksan daun D. kutejensis sebesar 212,14±1,26 ppm. Hasil T-test independent menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai IC50 kuersetin dan fraksi n-heksan daun D. kutejensis. Aktivitas antioksidan fraksi n-heksan daun D. kutejensis tidak sekuat kuersetin dan tergolong dalam kategori sedang.


Kata kunci: Pampaken (Durio kutejensis (Hassk.) Becc), fraksi n-heksan, profil KLT, DPPH

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI