DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN PENENTUAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT DAUN PAMPAKEN (Durio kutejensis (Hassk.) Becc.)
PENGARANG:Noor Qamariah
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-10-22


ABSTRAK
PROFIL KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN PENENTUAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT DAUN PAMPAKEN (Durio kutejensis (Hassk.) Becc.)
(Oleh Noor Qamariah; Pembimbing: Nashrul Wathan, Fadlilaturrahmah; 2018, 47 halaman
Daun Pampaken (Durio kutejensis (Hassk.) Becc.) merupakan bagian tanaman yang memiliki khasiat antioksidan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan profil kromatografi lapis tipis dan aktivitas antioksidan fraksi etil asetat daun D. kutejensis. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96% kemudian diekstraksi cair-cair menggunakan pelarut etil asetat. Sampel yang digunakan adalah daun D. kutejensis yang berasal dari Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Profil kromatografi lapis tipis dilakukan dengan mengamati perbedaan kromatogram KLT dari 10 macam eluen. Metode DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil) digunakan untuk menentukan aktivitas antioksidan fraksi etil asetat daun D. kutejensis. Skrining fitokimia dan KLT menunjukkan bahwa fraksi etil asetat D. kutejensis mengandung flavonoid, fenolik, saponin, tanin, steroid dan tidak terdapat alkaloid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-heksan:etil asetat (7:3) adalah eluen yang menghasilkan pemisahan paling baik dengan total bercak sebanyak 9 bercak. Uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai IC50 kuersetin dan
nilai IC50 fraksi etil asetat daun D. kutejensis. Aktivitas antioksidan fraksi etil asetat daun D. kutejensis masih lebih lemah jika dibandingkan dengan kuersetin. Nilai IC50 fraksi etil asetat daun D. kutejensis sebesar 29,036 ± 0,06 ppm yang tergolong antioksidan dengan kategori sangat aktif.
Kata kunci: Durio kutejensis (Durio kutejensis (Hassk.), fraksi etil asetat, profil KLT, antioksidan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI