DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK MENGGUNAKAN METODE TRADISIONAL (STUDI KASUS PADA PIZZA MAS TAUFIK PALANGKA RAYA)
PENGARANG:MUHAMMAD ALDIAN RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-14


     Harga Pokok Produksi (HPP) berupa biaya produksi yang berkaitan dengan barang-barang yang diselesaikan dalam satu periode. Penetapan harga pokok produksi dan harga jual merupakan salah satu jenis pengambilan keputusan manajemen yang sangat penting.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan harga pokok produk dengan metode tradisionalpada Pizza Mas Taufik Palangka Raya, dan (2) menentukan selisih harga pokok produksi antara metode perhitungan yang digunakan Pizza Mas Taufik dengan metode tradisional. 

     Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada informan atau narasumber yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian. Narasumber dimaksud adalah pimpinan perusahaan (manajer) atau kepala bagian yang bidang tugasnya berhubungan atau berkaitan dengan kebutuhan data penelitian.  Perhitungan Harga Pokok Produksi terbagi menjadi dua yaitu berdasarkan sistem yang selama ini diterapkan oleh Pizza Mas Taufik Palangka Raya dan perhitungan dengan menggunakan metode tradisional. 

     Berdasarkanhasil penelitian diperoleh bahwa hasil perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) menggunakan metode tradisional lebih besar dibandingkan HPP menurut Pizza Mas Taufik untuk semua jenis Pizza dan semua jenis ukuran, kecuali untuk jenis Pizza Daging Original, Pizza Choco, Daging Premium dan pizza Smoke Beef N’Corn ukuran Papan. Dari hasil penelitian juga diketahui perusahan belum membuat secara rinci komponen biaya produksi yaitu biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik secara keselurahan.  Penerapan metode perhitungan HPP menurut prinsip akuntansi dapat dipertimbangkan oleh Pizza Mas Taufik agar dapat mengestimasi penentuan harga jual produk berdasarkan tingkat margin yang diinginkan oleh perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI