DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa SMP Dengan Metode Drill And Practice
PENGARANG:RIKA MULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-14


Media pembelajaran memengaruhi dalam proses pembelajaran berlangsung. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran interaktif berbasis web diharapkan agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang tergolong sulit ini.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi transformasi geometri kelas IX dengan metode drill and practice dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran ditinjau dari validitas, keefektifan dan kepraktisan. Metode yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Validitas materi diujikan kepada 2 ahli materi bidang Pendidikan Matematika dan validitas media 2 ahli media bidang Ilmu Komputer. Kepraktisan dan keefektifan diujikan kepada 1 guru matematika dan 20 siswa kelas IX SMPN 21 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket responss pengguna, dan tes hasil belajar. Untuk mendeskripsikan gambaran data dari penelitian ini yaitu  menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian telah dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi transformasi geometri untuk siswa SMP dengan metode drill and practice yang menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, Firebase, JSON, Scratch, GeoGebra, MathJax dan Github. Hasil evaluasi media pembelajaran yang dikembangkan yaitu valid dengan kategori sangat tinggi. Kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan berkategori baik dengan responss positif, dan media pembelajaran efektif dengan hasil belajar tuntas secara klasikal. Maka dari itu media pembelajaran berbasis web ini layak digunakan untuk pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI