DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP CAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KELUMPANG HILIR
PENGARANG:PATMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-15


ABSTRAK

 

Patmawati, 2022.Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Capaian Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan IPS Kelas VII di SMPN 1 Kelumpang Hilir. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. (Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Suratno, M.Pd) 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap capaian prestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Kelumpang Hilir.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan menggunakan sample random sampling dan diperoleh 123 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas ini menggunakan metode analisis faktor (KMO), sedangkan untuk reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat penelitian menggunakan uji linieritas dan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik analisis Pearson Korelasion dan regresi linier. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Korelasi Parsial jenjang 2 antara Pada Pendidikan (X1), Pekerjaan (X2), dan Pendapatan (X3) terhadap Prestasi Belajar (Y) dengan indeks koefisien regresi (R)=0,777 dan koefisien determinan (R2) = 0,594. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Korelasi Parsial jenjang 2 antara Pendidikan (X1) dengan Prestasi Belajar (Y) setelah dikontrol Pekerjaan (X2) dan Pendapatan (X3) diperoleh koefisien korelasi ry1-23=0,332, (P<0,05); antara Pekerjaan (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) setelah dikontrol Pendidikan (X1) dan Pendapatan (X3) diperoleh koefisien korelasi ry2-13=0,318, (P<0,05); dan antara Pendapatan (X3) dengan Prestasi Belajar (Y) setelah dikontrol Pendidikan (X1) dan Pekerjaan (X2) diperoleh koefisien korelasi ry3-12=0,385, (P<0,05). Dapat disimpulkan bahwa baik secara bersama-sama maupun sendiri Variabel Pendidikan (X1) Pekerjaan (X2) dan Pendapatan (X3) terhadap Prestasi Belajar (Y) sangat signifiikan.

 

Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Capaian Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI