DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor (SIM C) Baru Pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Barito Kuala
PENGARANG:DESI RAMAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-15


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor (SIM C) baru pada Satpas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Barito Kuala dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terselenggaranya pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor (SIM C) baru pada Satpas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Barito Kuala.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa buku-buku, dokumen, artikel, peraturan, foto, dan internet. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman (dalam Afrizal, 2017).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor (SIM C) baru pada Satpas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Barito Kuala yang dinilai berdasarkan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml et al. (1990), yaitu tangible, reliability, responsiviness, assurance, dan empathy dapat dikatakan cukup baik namun belum optimal. Hal ini dikarenakan dilihat dari indikator tangible, reliability, dan empathy sudah baik, sedangkan indikator responsiviness dan assurance masih kurang baikkarena masih ada keluhan dari pemohon yang menyatakan adanya kesalahan dalam penerbitan, terdapat oknum calo serta masih adanya petugas yang diskriminatif dalam melayani pemohon. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai merupakan faktor pendukung dalam kualitas pelayanan ini. Sedangkan kurangnya jumlah Sumber Daya Manusia serta adanya gangguan jaringan internet yang membuat kegiatan entry data menjadi terhambat menjadi faktor penghambat dalam kualitas pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor (SIM C) baru pada Satpas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Barito Kuala.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI