DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI INDONESIA TAHUN 2016-2020
PENGARANG:HUSNA REHLATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-17


Tujuan dilakukan penelitian ini demi menguji dan mengkaji faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia. Variabel independen yang dipertimbangkan dalam penelitian ini meliputi rasio CAR, FDR, BOPO, NOM, dan DPK. Sedangkan rasio yang digunakan untuk mewakili variabel dependen dalam penelitian ini adalah ROA.

Populasi penelitian yang digunakan merupakan keseluruhan BUS yang beroperasi telah terdaftar di Indonesia antara tahun 2016 hingga 2020. Sampel penelitian terdiri atas 13 BUS yang diperoleh berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan operasi SPSS 26 dengan pendekatan analisis regresi linear berganda.

Hasil akhir penelitian menjelaskan bahwa capital adequacy ratio memiliki pengaruh positif terhadap ROA BUS, financing to deposit ratio tidak memiliki pengaruh terhadap ROA BUS, biaya operasional per pendapatan operasional tidak memiliki pengaruh terhadap ROA BUS, net operating margin memiliki pengaruh dan siginifakan secara positif terhadap ROA BUS, dan dana pihak ketiga tidak memiliki pengaruh terhadap ROA BUS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI