DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA JENIS PUPUKHAYATITERHADAP SIFAT KIMIA DAN DEKOMPOSISI BAHAN GAMBUT
PENGARANG:M. AL GAZALI RAHMAN
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-23


RINGKASAN
M. Al Gazali Rahman. Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Hayati Terhadap Sifat Kimia dan Dekomposisi Bahan Gambut di bawah bimbingan Fakhrur Razie dan Arief Rakhmad Budi D.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dan pemberian pupuk hayatiterbaik terhadap sifat kimia dan dekomposisi bahan gambut. Penelitian ini menggunakan metode ekprimental berupa metode inkubasi di laboratorium dengan bentuk percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal. Percobaan ini menggunakan 4 perlakuan dengan 5 kali ulangan sehingga jumlahnya20 satuan percobaan. Penelitian ini memiliki 5 tahapan pelaksanaan yaitu pengambilan bahan gambut, persiapan inkubasi, perlakuan sampel bahan gambut, inkubasi tanah dan pengamatan. Penelitian dilaksanakan dari Bulan Januari 2018 sampai dengan Bulan April 2018. Pengambilan tanah bahan percobaan bertempat di wilayah Hutan Lindung Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Perlakuan inkubasi dan analisa kimia dilakukan di Rumah Kaca Jurusan Agroekoteknologi dan Lab. Kimia dan Fisika Tanah Faperta Universitas Lambung Mangkurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian pupuk hayati berpengaruh terhadap sifat kimia tanah gambut seperti kemasaman dan N-total, pemberian pupuk hayati H2 memberikan pengaruh signifikan terhadap parameter kemasaman dan pupuk hayati H1 memberikan pengaruh signifikan terhadap parameter N-total dan pemberian pupuk hayati tidak menyebabkan proses dekomposisi (mineralisasi) bahan organik gambut, ini tampak pada C/N yang tergolong tinggi, sehingga proses dekomposisi bahan gambut menjadi lambat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI