DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA MIKROBA PENAMBAT N2 ATMOSFER DENGAN KARAKTERISTIK KIMIA TANAH GAMBUT
PENGARANG:RIKATY SIMANULLANG
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-23


RINGKASAN
Rikaty. Hubungan antara Mikroba Penambat N2 Atmosfer dengan Karakteristik Kimia Tanah Gambut di bawah bimbingan Akhmad Rizalli Saidy dan Fakhrur Razie.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mikroba penambat N2 atmosfer dengan karakteristik kimia tanah gambut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian explorasi (identifikasi) dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu tahap persiapan awal, tahap pelaksanaan di lapangan dan di lab dan tahap pengolahan data. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Juni-Agustus 2018 di Laboratorium Jurusan Tanah Universitas Lambung Mangkurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan lokasi pengambilan berdasarkan tiga tipe lahan yaitu gambut terbuka dan dibudidayakan, lahan gambut tidak dibuka dan lahan gambut dibuka tetapi tidak dikelola menunjukkan bahwa total populasi mikroba penambat N2 atmosfer memiliki hubungan sangat nyata antara pH tanah , C-organik dan Daya Hantar Listrik.
Dari ketiga tipe lahan yang paling tinggi total populasi pada tipe lahan gambut terbuka dan dibudidayakan sebanyak 104.67 CFU, lahan gambut terbuka tidak dikelola memiliki total populasi sebanyak 104.06 CFU dan pada lahan gambut tidak dibuka yang paling sedikit total populasi mikroba penambat N2 atmosfer sebanyak 103.90 CFU.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI