DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PERENCANAAN BAK RESERVOIR UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DI DESA MAHE SEBERANG KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Muhammad Setia Robbil
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-18


Desa Mahe Seberang Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan adalah salah satu desa yang akses air bersihnya belum optimal. Sistem penyediaan air bersih yang ada di Desa Mahe Seberang saat ini yaitu berupa Hidran Umum (HU) komunal sebanyak empat buah yang tersebar di beberapa titik area desa. Kapasitas Hidran Umum yang kecil menyebabkan kebutuhan air bersih penduduk Desa Mahe Seberang masih tidak tercukupi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah penduduk Desa Mahe Seberang sebagai pengguna air bersih, menganalisis debit kebutuhan air bersih yang diperlukan oleh penduduk dan merencanakan salah satu sarana penyediaan air bersih berupa bak reservoir guna mencukupi kebutuhan air bersih di Desa Mahe Seberang.

 Proyeksi penduduk ditentukan dengan membandingkan hasil analisis dari tiga metode proyeksi berupa metode Geometrik, Aritmatik dan Eksponensial. Hasil proyeksi tersebut digunakan sebagai faktor penentu kebutuhan air bersih total. Kebutuhan air bersih total digunakan sebagai acuan untuk mendesain dimensi bak reservoir yang direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air penduduk Desa Mahe Seberang sesuai data yang telah diproyeksikan.

Berdasarkan hasil analisis jumlah proyeksi pertumbuhan penduduk maksimum didapatkan dengan metode Eksponensial. Terhitung jumlah penduduk selama 5 sampai 10 tahun mendatang diproyeksikan mencapai 660,62 sampai 709,62 jiwa. Penduduk yang telah diproyeksikan tersebut menghasilkan kebutuhan air domestik dan non domestik berurutan sebesar 0,82 liter/detik dan 0,21 liter/detik. Ditambah dengan potensi kehilangan air sebesar 0,26 liter/detik, penduduk Desa Mahe Seberang terhitung memiliki kebutuhan air bersih total sebesar 1,28 liter/detik. Bak reservoir dianalisis secara tabulasi memerlukan volume setidaknya sebesar 25 m3 dengan volume selisih supply dan demand maksimum sebesar 45,3 m3. Maka ditentukan dimensi bak reservoir dengan Panjang = 5 m, Lebar = 4 m dan Tinggi = 2,5 m dengan volume bak sebesar 50 m3.

Kata Kunci:proyeksi penduduk, kebutuhan air bersih, bak reservoir,Desa Mahe Seberang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI