DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEARIFAN LOKAL PETANI PADI DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:DINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-18


Dina. 2023. Kearifan Lokal Petani Padi Di Desa Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd, (2) Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd

 

Kearifan lokal adalah kebiasaan dan perilaku masyarakat yang dianggap baik, dan cara hidup dan pengetahuan yang dipelihara oleh masyarakat. Kearifan lokal sebagai sumber pengetahuan untuk menjalankan segala aktivitas. Kebiasaan dan pengetahuan di manfaatkan oleh masyarakat desa Anjir Serapat Muara untuk menjalankan aktivitas pertanian. Sehingga masyarakat desa Anjir Serapat Muara memiliki kearifan lokal petani padi dan cara mempertahankan kearifan lokal petani padi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kearifan lokal petani desa Anjir Serapat Muara dan untuk mengetahui cara masyarakat untuk mempertahankan kearifan lokal petani padi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Keabsahan data dengan observasi yang diperpanjang, dan triangulasi (triangulasi sumber, teknik, dan waktu).

Hasil penelitian; 1). Kearifan lokal petani padi antara lain yang pertama ada penentuan hari yang baik untuk menanam padi dan panen padi, kedua proses penanaman padi secara tradisional dimulai dari pengolahan tanah, manugal, maampak atau malacak, batanam, panen padi dan mairik banih. Ketiga penggunaan alat tradisional dalam bertani yaitu tajak, tatajuk atau tatujah, arit dan ranggaman, gumbaan. Keempat syukuran atas keberhasilan panen padi petani desa Anjir Serapat Muara masih menggunakan tradisi selamatan atau syukuran apabila mendapatkan hasil panen yang mereka dapatkan. 2). Petani desa Anjir Serapat Muara memiliki cara mempertahankan kearifan lokal petani padi dengan melihat keadaan alam tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari karena mereka sudah meyakini bahwa kebiasaan tersebut tidak akan tergantikan sebelum ada teknologi yang tepat guna untuk para petani. Petani desa Anjir Serapat Muara menerapkan sistem pengetahuannya untuk mempertahankan kearifan lokal. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kearifan lokal petani padi yang ada dan diterapkan oleh masyarakat serta masih dipertahankan dengan cara yang tradisional.

 

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Petani  Padi, Tradisi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI