DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) VARIETAS KK-CROSS TERHADAP SUBSTITUSI PUPUK NPK DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR
PENGARANG:UBAIDATUL HUSNA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-10-24


RINGKASAN
UBAIDATUL HUSNA. Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kubis (Brassica oleracea L.) Varietas KK-Cross terhadap Substitusi Pupuk NPK dengan Pupuk Organik Cair, dibimbing oleh ibu Dewi Erika Adriani dan ibu Chatimatun Nisa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi pupuk NPK dengan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis serta untuk mengetahui tingkat substitusi terbaik pupuk NPK dengan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis.
Penelitian ini disusun menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktor tunggal dari 6 perlakuan (substitusi pupuk NPK dengan pupuk organik cair) dan 4 ulangan sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Adapun perlakuannya sebagai berikut: h0= 0 ml (kontrol) pupuk organik+ NPK 100%, h1= 1 ml/l air (0,1%) pupuk organik + NPK 80%, h2= 2 ml/l air (0,2 %) pupuk organik+ NPK 60%, h3= 3 ml/l air (0,3%) pupuk organik + NPK 40%, h4= 4 ml/l air (0,4%) pupuk organik + NPK 20%, dan h5 = 5 ml/l air (0,5%) pupuk organik+ NPK 0%.
Pengamatan dilakukan 7 hari sekali untuk peubah tinggi tanaman dan jumlah daun. Sedangkan peubah yang diamati pada saat panen yaitu berat kotor tanaman, berat bersih krop, diameter krop dan kepadatan krop.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi pupuk NPK dengan pupuk organik cair memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan berat kotor tanaman kubis. Pemberian substitusi pupuk NPK dengan pupuk organik cair yang terbaik untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun dan berat kotor tanaman kubis yaitu 3 ml/l air (0,3 %) pupuk organik+ NPK 40%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI