DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL CHEMICAL REPRESENTATION BERBASIS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROLISIS GARAM
PENGARANG:Dewi Wahyuni
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-28


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa e-modul chemical representation berbasis problem-based learning yang valid, praktis dan efektif yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluate). Subjek dalam penelitian ini ada dua yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Angsana dan 5 orang validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) valid dalam aspek kelayakan isi, bahasa, teknik penyajian serta kegrafikan dengan persentase penilaian keseluruhan aspek sebesar 89,91% dengan kategori sangat valid; (2) praktis dengan rata-rata presentase skor pada uji coba perorangan sebesar 80,56% dengan kategori sangat praktis, rata-rata presentase skor uji coba kelompok kecil sebesar 90,17% dengan kategori sangat praktis, rata-rata presentase skor respon peserta didik sebesar 86,67% dengan kategori sangat praktis, dan rata-rata presentase skor guru sebesar 85,73% dengan kategori sangat praktis; (3) efektif dengan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul chemical representation berbasis problem-based learning valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Kata kunci: Problem-based learning, keterampilan berpikir kritis, hidrolisis garam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI