DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLUIDA STATIS DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA LIVEWORKSHEET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
PENGARANG:NAPISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-28


Kemampuan peserta didik mengaitkan konsep fisika dengan konteks kehidupan nyata masih menjadi permasalahan dikarenakan kurang dilatihkannya pondasi dasar dalam mempelajari fisika yaitu keterampilan proses sains (KPS). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fluida statis dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan media liveworksheet yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 24 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan lembar validasi untuk validitas, lembar keterlaksanaan RPP untuk kepraktisan, tes hasil belajar untuk efektivitas, dan lembar pengamatan KPS untuk ketercapaian KPS peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berkategori sangat baik, kepraktisan berkategori sangat baik, efektivitas bahan ajar berkategori sedang, dan ketercapaian KPS berkategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fluida statis dengan pendekatan CTL untuk melatihkan keterampilan proses sains dikatakan layak digunakan pada pembelajaran di sekolah.

Kata kunci: Keterampilan proses sains, liveworksheet, pendekatan CTL.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI