DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN SQUAT THRUST TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA ATLET BOLA BASKET PUTRI KOTA BANJARBARU TAHUN 2022
PENGARANG:NASRULLAH SADIQ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-29


Nasrullah Sadiq. 2023.Pengaruh Latihan Squat Thrust Terhadap Peningkatan Daya Tahan Kardiovaskuler Pada Atlet Bola Basket Putri Kota Banjarbaru Tahun 2022. Pembimbing: Dr. AR Shadiqin, M.Kes.; Dr. H. Tri Irianto, M.Kes.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan Squat Thrust  terhadap meningkatkan daya tahan kardiovaskuler pada atlet bola basket puteri di Kota Banjarbaru.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental. Dengan rancangan menggunakan One group Pretest-post Test untuk mengkaji pengaruh variable bebas (X) terhadap variable terikat (Y). Penelitian dilaksanakan di Lapangan Bola Basket Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.

 Hasil penelitian menunjukkan dari hasil tes awal daya tahan kardiovaskuler pada atlet bola basket putri Kota Banjarbaru mendapatkan hasil rata-rata sebesar 15,80 detik, standar deviasi sebesar 1,35093, dari hasil tes ini di peroleh skor tertinggi = 14,12 detik dan skor terendah = 18,50 detik. Pada test awal pemain melakukan pengukuran dengan lari 2,4 di lapangan PJOK FKIP ULM. Ternyata hasil daya tahan kardiovaskuler jika diklasifikasikan dalam kategori kesegaran jasmani maka dalam kategori Sangat Kurang (SK) = 0 orang, Kurang (K) = 8 orang, Sedang (S) = 7 orang, Baik (B) = 0 orang, dan Baik Sekali (BS) = 0 orang. Setelah diberikan perlakuan sebanyak 16 kali pertemuan, dengan rincian perminggu selama 3 kali, hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil daya tahan kardiovaskuler pada atlet bola basket putri Kota Banjarbaru. hasil test akhir daya tahan kardiovaskuler mereka dengan rata-rata sebesar 14,65 detik, skor tertinggi = 13,10 detik, dan yang skor terendah = 17,18 detik. Jika diklasifikasikan dalam kategori kesegaran jasmani maka dalam kategori Sangat Kurang (SK) = 0 orang, Kurang (K) = 2 orang, Sedang (S) = 8 orang, Baik (B) = 5 orang, dan Baik Sekali (BS) = 0 orang. Berdasarkan hasil data peneliti tes akhir ada peningkatan, hal ini disebabkan oleh peneliti memberikan perlakukan latihan Squat thrust. Kesimpulan penelitian ini yang didasari atas analisis data, pengujian hipotesis dan pembahasan. Hasil analisis diperoleh Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, dan dengan demikian dapat ada pengaruh pelatihan Squat thrust terhadap daya tahan kardiovaskuler pada atlet bola basket putri Kota Banjarbaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI