DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI KELURAHAN JAMBU KECAMATAN TEWEH BARU
PENGARANG:Anisa Damaiyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-29


ABSTRAK

 

Anisa Damaiyanti 1810413620018 Implementasi Program Vaksinasi di Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru. Dibimbing oleh bapak Abdurrahman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Jambu kecamatan Teweh Baru. Penelitian ini lebih khusus bertumpu padaKebijakan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2022 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Upaya Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Mengatur tentang vaksinasi Covid-19 untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat Kelurahan Jambu. Peraturan tersebut menjadi salah satu pedoman yang berisi landasan hukum, maksud dan tujuan, khususnya pada pasal-pasal yang berisi tentang vaksinasi Covid-19.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teori Merille S. Grindle dimana variabel yang menentukan keefektifan implementasi kebijakan adalah isi kebijakan dengan indikator kepentingan-kepentingan terkait, jenis manfaat yang diperoleh, derajat perubahan yang ingin dicapai, letak pengambilan keputusan, pelaksana program dan sumber-sumber daya yang digunakan, serta melalui konteks kebijakan dengan indikator kekuasaan, kepentingan- kepentingan, program atau strategi dari aktor yang terlibat, karakteristik lembaga dan rezim yang berkuasa dan tingkat kepatuhan dan adanya respon dari pelaksana.

Implementasi Program Vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru sudah diterapkan dengan baik namun masih belum secara maksimal diimplementasikan dengan baik, hal ini disebabkan karena variabel yang menjadi tolok ukur penelitian belum terpenuhi secara maksimal, yaitu, sumber daya yang digunakan masih kurang dan respon dari masyarkat yang masih kurang mengenai program vaksinasi Covid-19.

Kata kunci : Implementasi, program, vaksinasi Covid-19

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI