DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAMALAN HARGA JUAL (BUYBACK) EMAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUNGSI TRANSFER (Studi Kasus: PT. Aneka Tambang Tbk)
PENGARANG:DEWI APRILLIANA SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-29


PERAMALAN HARGA JUAL (BUYBACK) EMAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUNGSI TRANSFER (Studi Kasus: PT. Aneka Tambang Tbk)(Oleh: Dewi Aprilliana Susanti; Pembimbing: Yuana Sukmawaty, Aprida Siska Lestia, 2023; 71 halaman)

Emas merupakan logam mulia yang nilainya tidak pernah mengalami penyusutan yang signifikan dan mudah untuk dicairkan ketika sewaktu-waktu membutuhkan dana secara cepat sehingga membuat investor sering memilih emas untuk dijadikan investasi. Oleh karena itu pengetahuan mengenai harga jual (buyback) emas menjadi penting bagi investor untuk mengetahui waktu yang tepat agar dapat memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang diperoleh ketika ingin menjual kembali emas yang telah dibeli. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat meramalkan harga buyback emas di masa yang akan datang. Peramalan merupakan metode yang dapat meramalkan keadaan di masa yang akan datang menggunakan data dari masa lalu. Salah satu metode untuk meramalkan dengan lebih dari satu variabel dalam analisis time series yaitu dengan menggunakan pendekatan fungsi transfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi parameter model fungsi transfer dan meramalkan harga buyback emas dengan pendekatan fungsi transfer terbaik. Adapun variabel yang digunakan yaitu harga beli dan buyback emas harian dari tanggal 1 Juni 2022 hingga 31 Desember 2022 dengan hasil penelitian didapatkan estimasi parameter yaitu dan diperoleh nilai ramalan harga buyback emas untuk hari ke – 215 sebesar Rp 921,808.

 

Kata kunci: harga buyback emas, time series, peramalan, fungsi transfer.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI